Menghadapi perbedaan adat, dan bagaimana kita harus menghadapinya....?



Baiklah, langsung saja ya kak. Jadi gini, Saya merasakan perasaan tidak biasa yang muncul ketika jatuh cinta dengan seseorang yang memiliki latar belakang adat yang berbeda dengan saya.
Awalnya, semuanya terasa menyenangkan, saya merasa Jatuh hati kepada orang tersebut dan merasa memiliki banyak kesamaan. Namun, ketika kami mulai berbicara mengenai budaya, tradisi, dan adat yang berbeda, saya merasa kebingungan dan terkadang tertekan.

Kami berdua pun mencoba untuk saling memahami dan menghormati adat masing-masing, namun terkadang masalah dan pertentangan masih terjadi. Saya merasa sangat sulit mengikuti tradisi yang tidak saya kenal dan terkadang merasa terisolasi dalam keluarga pasangan saya itu.

Saya merasa sedih dan frustasi karena saya tidak ingin kehilangan orang yang saya cintai, namun pada saat yang sama, saya tidak bisa mengabaikan adat dan nilai-nilai yang menjadi identitas saya. Hal ini membuat saya bertanya-tanya, apa yang harus saya lakukan?
Aisha, Jakarta 22th

Mungkin bagi beberapa orang, perbedaan adat dalam hubungan bisa menimbulkan banyak masalah, namun bagaimana jika kita melihat perbedaan ini sebagai peluang untuk belajar dan saling memahami? Kita bisa memulai pembicaraan yang terbuka dan jujur mengenai perbedaan budaya yang ada di antara kita. Kita juga bisa mencoba untuk mempelajari lebih banyak tentang budaya pasangan kita sehingga kita bisa memahami dan menghormati adat mereka.

Meskipun terkadang hal ini bisa sangat sulit, namun jika kita meluangkan waktu dan usaha untuk berbicara dan memahami adat masing-masing, itu bisa memperkuat hubungan kita dengan pasangan kita yang berasal dari adat yang berbeda.

Kami sadar bahwa ini tidak mudah, dan kadang-kadang kita mungkin merasa seperti kehilangan identitas kita sendiri ketika berdamai dengan perbedaan adat. Namun, kita bisa melihat ini sebagai sarana belajar dan beradaptasi untuk memperkaya dan memperkuat hubungan kita. Sehingga akhirnya kita bisa membentuk hubungan yang harmonis dan saling mendukung.

Menurut kami, kita dapat menghadapi tantangan ini dengan saling berbicara dan berusaha memahami. Perbedaan adat tidak harus menjadi halangan bagi hubungan kita jika kita mau berjuang untuk memahami dan saling menghormati adat masing-masing. Apapun yang terjadi selama proses belajar dan beradaptasi tersebut, saya tetap berharap agar hubungan kamu & pasanganmu selalu kuat dan harmonis.

*Salam penuh Cinta Tari & Very

Comments

Popular posts from this blog

Siscon (Sister Complex)

Kata Romantis Via SmS