Kisahku: Beda Agama

Ilustration: My Name Is Khan


Dear KataCinta,
Cerita ini saya awali dengan pertemuan kami setelah sekian tahun (> 5tahun)
waktu itu libur natal 2010, kebiasaanku adalah berkunjung ke jogja untuk nyekar di kuburan semua simbah, paman dan saudara. Kebiasaan ini aku lakukan sejak aku sudah bekerja, sehingga bisa membawa ibuku juga.
 waktu itu aku menginap di rumah adik-nya simbahku. saat itu semua sedang menonton tv, tiba2 ada tamu yg hendak memberikan undangan RT/RW dan kebetulan aku yg menerima.
Saat itu ternyata tanpa kuduga sosok yg sepertinya sudah aku kenal, dia adalah B yang memberi undangan itu.
aku menyapanya dan aku menanggapi guyonannya yg katanya aku bertambah gemuk.
aku bilang ajha " jangan bilang gemuk ..jelas2 body ini semok, sexy, montok..piye tooo"
dia ketawa..

=====
tibalah aku kembali ke jakarta dengan rutinitasku..lembur akhir tahun...
saat aku buka fb, ada seorang yg hendak add as friend, kubuka semua profilenya..ooohh ternyata B
jadilah kami saling kontak...dan dia minta nomor hapeku...
tanpa pikir panjang, aku memberikannya karena DIA TEMAN DI KAMPUNG

====kembali ke masa lalu
B adalah anak pertama dari seorang Bapak yg bernama Bapak S, Bapak S ini bekerja di pabrik tahu milik simbah buyutku dimana aku tinggal saat itu.
B sangat rajin membantu bapaknya..baik itu pagi buta bahkan sore hari...
aku melihatnya sebagai sosok anak baik.
waktu itu aku sempat naksir dia karena anak baik dan manis ^_^
Keluarga B adalah keluarga yg sangat dekat dengan keluargaku, sejak mereka masih baru di kampung itu.
yg menunggu Ibu si B sewaktu melahirkan B, adalah pamanku. HUBUNGAN KAMI SUDAH SEPERTI KELUARGA.
=====

kami sampai pada titik curhat via sms...
dan tanpa dia berpikir...dia menembakku dengan tiba2.
saat itu aku jomblo 2 tahun
sms yang mengalir darinya semua menunjukkan dia bahagia bertemu denganku lagi.
sebelum aku mejawab "ya"
ada beberapa pertanyaan dariku untuk dia :
1. Agamaku Khatolik, kamu Islam, apa yang akan terjadi nanti?
 ==> jawabnya aku mau nikah di gereja, tapi dengan status islamku tidak berubah
==> ok dalam khatolik ada yg namanya dispensasi
2. Apakah kamu setia?
==> jawabnya sejak 2005 aku jomblo karena patah hati ditinggal menikah dengan sang pacar, berulang kali sering dikecewakan perempuan

yah masih banyak pertanyaan saat itu, tapi cukuplah ini saja yg kita bahas karena AGAMA adalah yg paling SENSITIF

setelah beberapa pertimbangan, akhirnya aku menerimanya

ok kami sepakat menjalin hubungan LDR
aku di jakarta, B di jogja (kuliah dan membantu ibu & bapaknya jual Ayam potong & tahu)
=======
usia si B ini 28th , dia baru kuliah karena setamat STM kerja 3 tahun di bengkel las di jogja dan kerja merantau di kalimantan dan malaysia, dan baru ada biaya kuliah saat kembali.
========

hubungan ini berjalan lancar, setiap pulang kerja, kami komunikasi melalui Hp. saat aku ultah ke 29 dia datang ke jakarta. untuk pertama kalinya kami bertemu lagi as couple ^_^ saat itu GROGI setengah mati.
dia memberiku kado sebuah cincin couple yg didalamnya kami bertukar nama
kami sepakat menikah setelah dia lulus kuliah.
B meyakinkanku orang tua kami pasti setuju dengan hubungan ini,
setelah usia pacaran kami 4 bulan aku datang ke jogja (libur paskah, aku kerja di sekolah) aku bikin surprise, aku minta di jemput di purworejo karena sudah malam, karena kangen berat, dia nekat menjemputku ^_^
dia menginap di rumah adik simbahku dan kami ke jogja jam 4 pagi, karena dia HARUS membantu sang ibu berjualan di pasar.
selama 1 minggu disana saya merasakan kurangnya perhatian dia padaku, karena aktivitasnya lebih banyak dariku..
baginya orang tua adalah PRIORITAS UTAMA..
kemudian aku berpamitan pada sang ibu, karena aku hendak kembali ke jakarta.
aku bilang ke sang ibu kalo kami berpacaran, karena si B tidak berani..mengatakannya.
ternyata tanggapan sang ibu sangat2 membuatku terkejut.
katanya " Tidak Boleh!"
kemudian aku mendatangi B dan menceritakan hal itu padanya
jawaban B : baru segitu ajha kamu takut?

ya jujur saya takut, (saya tipe yg sama dengannya tanpa restu orang tua, apa jadinya hubungan kami nanti?)

sesampainya saya di jakarta, tidak ada sms satupun dari B. saya heran ada apa gerangan? apakah dia tidak khawatir dengan keadaan saya?

sampai 1 minggu tidak ada balasan sms darinya...
kemudian suatu kali, dia bisa saya hubungi, dan dia hanya bilang Hpnya jatuh dan rusak..baru di service..
kebetulan atau disengaja? pikirku

sampai 2 minggu kami putus komunikas...
saya gerah dengan keadaan ini...
kemudian saya minta kejujurannya ada apa say? mendingan kamu jujur sekarang...
ternyata kedua orang tuanya TIDAK BERKENAN dengan HUBUNGAN KAMI.

alasan mereka adalah
1. agama
2. hubungan keluarga kami sudah dekat, jangan dirusak jika suatu saat hubungan kami ada masalah.

kemudian aku minta B untuk kami boleh sama-sama berjuang, dia hanya bilang " aku akan berjuang merebut hati orang tua dulu, sabar yah nunggu aku"

ok aku akan belajar SABAR..
tapi kenapa komunikasi kami terputus? apakah tidak bisa semua berjalan ber-iringan?
semakin lama, rasanya HAMPA dalam hatiku, aku membangun rasa sayang pada B karena kami setiap hari komunikasi.

akhirnya aku mengundurkan diri dari hubungan ini, karena aku liat B sudah menyerah terlebih dahulu...

 orang tuanya memberikan pilihan padanya ( agama/ cinta)
akhirnya B memilih untuk menyerah dan memilih keputusan ORANG TUA yaitu AGAMA
karena bagi B, dia takut kualat jika harus menyakiti hati dan perasaan orang tua.

sekarang kami sudah putus, dan dia sama sekali tidak mau komunikasi denganku lagi, malah baru2 ini dengan cepatnya dia mencari gadis lain.
semudah itukah laki2 melupakan perempuan yang pernah dicintainya?
aku merasa saat orang tuanya melarang hubungan kami, sikap B berubah terhadapku, dia seperti membenciku luar dalam...

nasi sudah menjadi bubur, meskipun aku masih sayang padanya, hubungan ini tidak akan pernah barakhir dengan sempurna.

Apakah perbedaan agama masih menjadi MOMOK yg menakutkan?
orang tuaku menikah di gereja, ibuku masih khatolik dan bapakku masih islam, sejatinya cinta itu perlu dan harus diperjuangkan dari 2 sisi..

salam cinta katrin


TulisCinta.blogspot.com  -

"Di dunia ini hanya ada 2 jenis manusia, Manusia yang Baik dan Manusia yang Jahat. Yang membedakan keduanya adalah akhlaq mereka."

Pernah kamu nonton Film Bollywood yang judulnya "My Name Is Khan"????
Fine sebelumnya kami mohon maaf atas keterlambatan balasan kami ini....!!
Yah, dalam film tersebut mengisahkan tentang perjuangan seorang Khan "muslim". Yang memperjuangkan kemuslimannya agar tidak di judge sebagai seorang "teroris".
Dan bahkan dalam Film tersebut dikisahkan Khan "muslim" juga menikahi seorang wanita India yang beragama Hindu. Khan sebagai "Muslim" dan Istrinya seorang hindu, dapat hidup berdampingan dengan harmonis dalam satu keluarga dengan adanya rasa saling menghormati keyakinan di antara keduanya.
Namun, hal ini ternyata tidak berlangsung lama karena adanya serangan teroris yang mengatas namakan Jihad Islam yang menghancurkan gedung WTC.
Karena perbuatan segelintir orang yang mengatasnamakan Islam, seluruh warga Muslim Amerika atau bahkan dunia dikecam sebagai teroris. Pada saat kritis ini banyak dari para muslim amerika yang akhirnya mulai meninggalkan agamanya / hanya mengubah penampilannya.

Namun, tidak demikian dengan Khan, Khan justru dengan semangat penuh menemui Presiden AS untuk mengatakan pesannya; "My name Is Khan, and Im not Terorist".

Dalam perjalanannya, Khan tidak pernah lupa untuk bersembahyang bahkan di muka Umum sekalipun. Khan tidak pernah ragu atas apa yang ia lakukan. Karena ia percaya, bahwa Allah ada untuknya. Bahwa, apa yang ia lakukan adalah untuk Cinta.
Banyak hal yang Khan temui, banyak hal yang Khan alami. Hingga kehabisan ongkos jalan, sampai bersahabat dengan orang-orang berkulit hitam yang tinggal di sebuah kota di Amerika, hingga musti dipenjara karena kemuslimannya dan keinginnannya bertemu dengan presidennya.
Hebatnya lagi, Khan bukanlah orang yang sehat seutuhnya. Khan adalah seseorang yang cacat mental. Ia akan sangat takut, pada warna kuning dan tempat-tempat baru yang baru ia kunjungi. Khan juga benci di bentak.
Tahukah kamu, alasan apa yang melandasi kenekatan Khan untuk bertemu Presiden?
Itu semua karena CINTA.......
"Karena besarnya cintanya kepada istrinya yang beragama Hindu."
Film ini benar-benar sangat bagus, mungkin bila kamu belum melihatnya kamu bisa sempatkan diri sesekali untuk menyaksikan Film ini.
Fine, kembali kemasalah yang kamu hadapi. 

Hidup ini tidak akan sesimpel Film yang kami ceritakan diatas yang pastinya berakhir bahagia.

Banyak kenyataan yang akan sangat jauh bertolak belakang dan akan banyak fakta yang menghadang. Jujur saja, banyak dari Klien, Relasi, hingga bahkan Sahabat-sahabat kami yang mengalami kegagalan dalam menjalani kehidupan Cinta beda agama.
Hanya beberapa yang sukses menjalaninya. Namun, sayangnya mereka banyak yang harus berkorban meninggalkan orang tuanya, atau bahkan harus lari ke LN / daerah asalnya untuk bisa menikah dengan orang yang ia cintai yang berbeda agama.

Jujur saja, di Indonesia sendiri belum ada balai nikah yang mengizinkan pasangan berbeda agama saling mengikat hubungan suami istri.

Kami sendiri masih terus menggali masalah ini yang bahkan sangat sering muncul dalam posting dan curhat sobat cinta semua. Yup, seperti yang kamu katakan Agama adalah hal yang sangat sensitif dalam dunia Cinta.

Bila tentang cowok kamu; "sekarang kami sudah putus, dan dia sama sekali tidak mau komunikasi denganku lagi, malah baru2 ini dengan cepatnya dia mencari gadis lain. semudah itukah laki2 melupakan perempuan yang pernah dicintainya?" Sebenarnya gag semua cowok seperti itu. Coba kita ambil sisi positifnya dan coba kita berfikir apa yang akan kita lakukan bila kita menjadi dia.
Mungkin ada beberapa alasan ia melakukan itu semua:
  • Karena benar-benar membencimu.
Bila benar ia membencimu, tidak ada lagi yangmusti kami jelaskan kepada kamu karena ia telah, benar2 membenci kamu. Tapi, apa alasan dia membencimu? Toh, dia yang memilih untuk menyerah dalam hubungan yang kalian bina. Jadi siapa penghianatnya??? Harusnya, bukankah kamu yang musti membencinya, bukan malah dia membencimu????
  • Karena ia sayang dan cinta kepadamu
Karena mungkin ia sadar bahwa masalah ini akan terbentur tembok besi yangmungkin tidak akan sanggup kalian hancurkan untuk melewatinya. Sehingga ia memilih untuk menyerah untuk berpisah agar kamu menemukan jalan lain yang jauh lebih baik dari padanya.Lantas mengapa dengan mudahnya ia mendapatkan cinta yang lainnya? Mungkin sekali ia ingin membuktikan dan agar kamu segera melupakan sekaligus membencinya. Karena ia fikir dengan begitu kamu akan bahagia dan segera menemukan cinta yang lainnya yang jauh lebih baik dari pada cintanya. Dan tentunya yang mendapatkan Restu dari Orang Tua.

Dan kami rasa kebenarannya hanya Dia "B" saja yang tahu.
Jadi, kami mohon! berfikirlah positif atas apa yang telah terjadi. Ambillah pelajaran terbaik dari semua ini. Semoga Tuhan memberkatimu, dan memberikan jalan cinta yang indah untuk mu......

"forget the love that has passed and be prepared for a new love that will adorn your time later."


*Salam Cinta, Echa & Very

Comments

Popular posts from this blog

Siscon (Sister Complex)

Mantan yang hadir kembali (fanspage talk's)