Rumit

Ilustration: Complicated Heart
Tanya:
Dear katacinta,
sekarang aku lagi bingung banget... Aku sedang dekat dengan seorang cowok (berawal dari hubungan kerja sekarang menjadi teman dekat), tapi aku bingung dengan sikapnya dia:
1. Apa artinya dia manggil 'beibs' tanpa aksi penembakan dan sangat perhatian dan juga mesra sama aku?
2. Kenapa dia suka membelokkan pembicaraan jika aku mulai membicarakan tentang sikap dia ke aku?
3. Kenapa dia suka menghilang dariku, padahal aku sering ngerasa khawatir sama dia, oke kalo aku emang dianggap cuma temen yang gak seharusnya menuntut lebih, kenapa sikap dia sudah selayaknya lebih dari teman menurutku (dengan semua treatment yang dia beri)?
4.Aku melihat di history fb-nya dia (sebenernya yang ini aku ngerasa lancang) dia memanggil temen cewek lain dengan kata "beibz" "mizz u honz" "ay" bla..bla...dan kenapa dia berbohong padaku tentang seorang cewek (cewe ini sering nelfon-nelfon gebetan aku ini, tapi kalau di depan aku selalu di reject *gag tau klo dibelakang aku gimana*), dari dialognya dia sama gebetan aku ini, sudah kelihatan pernah punya hubungan spesial, tapi kenapa gebetan aku bilang; nih cewek yang ngejar2 dia?
terus aku mencoba bertanya via sms (karena kesibukan dia (gebetan aku), kami jadi sangat jarang ketemu):
"beibs, kamu punya beibs lain selain aku yah (sebenernya nih pertanyaan cuma buat memastikan posisiku aja sebagai teman biasa atau bagaimana)?
trus XXX pernah jadi temen spesial kamu yah? (ni karena fakta yang aku liat di hystory fb berbeda dengan statementnya dia berbeda)"

trus dijawab: "beibs, kamu jangan bikin aku bete yah, dia ol sama kamu ya?"
sms lagi dia: "udah mau merit juga dia, masih suka ganggu orang"

tapi aku sadar AKU BUKAN SIAPA-SIAPANYA DIA. DAN AKU GAK BERHAK UNTUK MARAH
aku smsin dia buat minta maaf dan memperjelas kalau tuh cewek gak mau gangguin aku dan dia,bla..bla..dan aku memperjelas posisiku sebagai temannnya dia...
sejak saat itu, aku minta dia gag usah panggil aku dengan kata 'beibs' karena belum pantes. aslinya sih aku sakit hati dengan kata itu.
dia minta maaf (tanpa memperjelas atau mengiyakan apapun). dan terlihat ada penyesalan. Yup. we had BAD communications.
aku merasa digantung, gak ada kejelasan, dan menurutku dia gak gentle, harusnya saat dia sadarin aku banyak mempertanyakan banyak hal, setidak2nya dia memberiku sedikit jawaban.
aku jadi serbasalah harus gimana, yang jelas aku sedang jaga jarak dengan dia. aku pengen mengubah mindsetku tentang dia: ya dia emang cuma temen, gak lebih! walaupun jujur, aku sudah terlanjur sayang sama dia. Tapi, ada dalam kebimbangan ini, adalah hal yang sangat menyakitkan. Aku malu untuk bilang duluan ke dia (walaupun sifatnya dia adalah cwo yang segan memulai sesuatu duluan).
apa yang harus aku lakuin? bantuin yah katacinta aku gag bisa tenang nih.. T_T

thanksss....
Dhita (21th), Indonesia


Jawab:
KataCinta.Tk -

"Ketika seseorang mencintaimu, mereka tidak harus mengatakannya. Kamu selalu bisa tahu dari cara mereka memperlakukanmu."

It's so complicated yah.... Ternyata treatment seseorang bisa jadi hal yang rumit. Bahkan treatment yang selama ini kamu artikan sebagai sayang. Tapi, justru berarti yang gag jelas.
Ok, mari kita jawab satu2 pertanyaan yang kamu ajukan:
  • Apa artinya dia manggil 'beibs' tanpa aksi penembakan dan sangat perhatian dan juga mesra sama aku?
Kenapa yah???
Nampaknya dia ingin menjadikanmu special untuknya. Tapi, sayang dia gag berani mengatakannya. Atau kemungkinnan terburuknya "Dia hanya ingin mainkan perasaan kamu."
  • Kenapa dia suka membelokkan pembicaraan jika aku mulai membicarakan tentang sikap dia ke aku?
Mungkin dia malu. Ataukah dia punya alasan lain yang ingin ia rahasiakan kepadamu. Yang mungkin bila ia berterus terang kepadamu ia takut kehilanganmu / takut kamu salah faham. Kemungkinan terburuknya ia tidak mau kebohongannya terbongkar olehmu.
  • Kenapa dia suka menghilang dariku, padahal aku sering ngerasa khawatir sama dia, oke kalo aku emang dianggap cuma temen yang gak seharusnya menuntut lebih, kenapa sikap dia sudah selayaknya lebih dari teman menurutku (dengan semua treatment yang dia beri)?
Pertanyaan ini akan jauh lebih efektif bila kamu utarakan langsung kepadanya. Tapi, saat kamu menanyakannya mintalah ia jawab secara jujur. Dan bilanglah apapun jawaban dia gag akan merubah pertemanan kalian. Mungkin malah bisa menjadikannya jauh lebih baik karena tiada kebohongan di antara hubungan yang kalian bina.
  • Aku melihat di history fb-nya dia (sebenernya yang ini aku ngerasa lancang) dia memanggil temen cewek lain dengan kata "beibz" "mizz u honz" "ay" bla..bla...dan kenapa dia berbohong padaku tentang seorang cewek (cewe ini sering nelfon-nelfon gebetan aku ini, tapi kalau di depan aku selalu di reject *gag tau klo dibelakang aku gimana*), dari dialognya dia sama gebetan aku ini, sudah kelihatan pernah punya hubungan spesial, tapi kenapa gebetan aku bilang; nih cewek yang ngejar2 dia?
Fine, nampaknya dia mengalami masalah dengan kebiasaan. Beibs dll. Mungkin ini juga yang terjadi padamu. Atau mungkin juga tidak. Tapi satu hal yang nampak jelas; gebetan kamu punya kebiasaan buruk dengan manggil temen cewek dengan kata special beibs dll.
Berbohong tentang seorang cewek? Siapakah cewek ini? "nampaknya ia mereka pernah punya hubungan special?"
Tapi pernah gag kamu buktikan langsung? Kita ambil kemungkinan terburuknya saja yah.... karena mungkin bila alasan dia benar bukan menjadi masalah besar, karena gebetan kamu gag ada filling sama cewek tersebut.
Misal, benar cewek tersebut adalah seseorang yang tengah membina hubungan special dengan gebetan kamu tersebut. Kira-kira apa yang akan kamu lakukan?
Menurut kami, kamu gag akan bisa berbuat apa-apa. Kecuali kamu membatasi semua sikap kamu kepadanya. Dan itu juga telah kalian lakukan. ia khan? "aku smsin dia buat minta maaf dan memperjelas kalau tuh cewek gak mau gangguin aku dan dia,bla..bla..dan aku memperjelas posisiku sebagai temannnya dia...
sejak saat itu, aku minta dia gag usah panggil aku dengan kata 'beibs' karena belum pantes. aslinya sih aku sakit hati dengan kata itu."

Nah, sekarang yang jadi masalah sebenarnya satu, yakni Sikap Dia. Benar kan?
Apa yang harus kamu lakukan? Tentu kamu harus memperjelas semuanya. Biarlah cewek yang memulai. Ini bukan kesalahan bukan? Kenapa kamu malu untuk memulai, ini adalah awal yang baik. Baiknya lagi bila semua jelas. Kamu gag lagi gantungin rasamu, dan semua pertanyaan di atas akan terjawab jelas.
Tapi, satu hal yang kami minta. Tetap calm saat membicarakan permasalahan yang kalian alami. Karena permasalahan yang menyangkut cinta adalah permasalahan yang sangat sensitif. Bisa menghancurkan atau bisa menjadikannya jauh lebih baik. Semuanya tergantung bagaimana cara kita menempatkannya.


"Wanita, jangan takut untuk mengambil resiko. Jika kamu mencintai seseorang, bersifatlah langsung dengannya, dan mengatakannya. Karena seorang cowok buta akan petunjuk."


 *Salam Cinta Echa & Very

Comments

Popular posts from this blog

Siscon (Sister Complex)

Mantan yang hadir kembali (fanspage talk's)