Siscon (Sister Complex)

Ilustration: Siscon (Sister Complex)
Tanya:
Maaf kak, saya mau tanya.. apa jadinya bila saya dan saudara sepupu saya saling mencintai. Apakah ini sebuah kesalahan? Mungkinkah kami bisa saling bersatu? Sejauh ini kami hanya mampu untuk backstreet dari keluarga dan teman-teman kami. Mohon masukannya ya kak. Terimakasih. Oya, usia kami tidak terpaut jauh kak....
Adi, 19th (Indonesia)

Jawab:
TulisCinta.Blogspot.Com -
Terimakasih Adi atas kepercayaan dan kesediaan kamu berbagi bersama kami.
Langsung saja kemasalah yang kamu hadapi!
Perasaan yang kamu dan sepupu kamu alami ini biasa disebut dengan Siscon (Sister Complex), Yaitu memiliki perasaan/hubungan dengan saudara perempuan.
Nah, dan masalah ini sering diangkat dalam karya-karya anime jepang. Mungkin beberapa diantaranya "ore no imouto ga konnani kawaii wake ga nai, Boku wa imouto ni koi wo suru, dll".
Mengingat betapa bebasnya negara sakura tersebut, bukan sebuah hal yang tabu bila film atau anime seperti itu banyak tersebar. Dan mungkin ini bisa menjadi sebuah referensi bagi kita semua yang mungkin mengalami hal yang hampir sama.

Jujur saja, Cinta memang tidak dapat kita lepaskan dari tingkat keakraban dan betapa seringnya intensitas kita untuk bersama, serta tentunya berapa besar tingkat kepercayaan kita kepada orang yang kita cintai itu.

Nah,lantas bukankah dengan demikian saudara adalah hal yang sangat mungkin menjadi orang yang kita cintai, bila usia kita tidak berbeda jauh, dan kita mampu untuk saling percaya serta bertukar fikiran dengannya.
Soal intensitas kebersamaan, tidak diragukan lagi kita memiliki jam terbang yang sangat tinggi, mengingat ia adalah saudara/sepupu kita sendiri. Dan sekarang masalahnya adalah "Opini publik/
pandangan masyarakat" mengenai hal ini. Sudah sangat jelas Siscon adalah sebuah hal tabu yang pasti akan menjadi pembicaraan dan bahkan hinaan dari masyarakat. Bukan hanya itu, dalam UU pernikahan negara kita ini pun, tidak mengizinkan adanya pernikahan dalam satu keluarga/ apabila adanya hubungan darah.
Itu artinya harapan kamu untuk bersatu dengan saudara/sepupu kamu tersebut bisa dibilang (maaf) "Tidak mungkin". Dan karena ketidak mungkinan ini, hubungan tersebut pastinya hanya akan berakhir pada sebuah penyesalan dan juga rasa sakit dikedua belah pihak.
Kesimpulan:
Hubungan ini adalah sebuah hubungan terlarang oleh mata publik, dan mungkin juga dalam ajaran sebuah kepercayaan (Agama) & negara. Hubungan ini bukanlah sebuah kesalahan mengingat, cinta itu tumbuh tanpa bisa kita bendung dan batasi. Ia timbul oleh rasa simpati, intensitas pertemuaan dan juga jumlah kepercayaan.
Sehingga jalan terbaik dalam masalah ini adalah dengan mulai menata hati, mengontrol perasaan masing-masing sehingga tidak semakin larut dalam hubungan ini. Mulailah (kamu dan saudara/sepupu kamu) membuka hati untuk cinta lainnya, karena pada kenyataannya hubungan ini dapat dibilang "tidak mungkin". Bila kalian masih mencoba terus bertahan dan berharap keajaiban akan datang dan merestui hubungan kalian, ingatlah "keajaiban tidak datang semudah itu dalam dunia nyata". (maaf) mungkin kata-kata kami ini menyakitkan kamu dan pasangan kamu, tapi jujur... ini semua demi kebaikan kalian bersama.
kami mengerti perasaan yang kalian miliki, dan kami juga merasa ini semua tidak adil. Namun, kita harus menerima inikenyataan yang kita jalani bersama. Semoga cinta selalu bersama kamu dan saudara/sepupu kamu dan tidak akan mengecewakan kalian berdua.

*Salam Cinta, Echa & Very

Comments

  1. Eh kak bukannya boleh yah kalau "sepupuh"? Yang ga boleh itu saudara (kakak atau adik). Gitu bukan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. well, bagi beberapa orang ini memang siizinkan. namun kebanyakan dari kita tabu akan hal ini. so, coba kita pertimbangkan apakah hal ini sesuai dengan problematika yang ada di masyarakat kita. dan memang setahu kami sepupu masih diizinkan asal bukan dari saudara bapak.
      apabila mungkin ini adalah kesalahan kami mohon maaf yang sebesar-besarnya dan terimakasih atas suport dan komentnya yang membangun.

      *Salam Cinta, Echa & Very

      Delete
  2. Dalam islam pernikahan antar sepupu itu boleh kok

    ReplyDelete
  3. Menurut agama islama gak papa kak. Keluarga aku malah mewajibkan pernikahan sepupu biar nggak salah" milih pasangan.

    Mungkin yg dilarang krn hubungan pernikahan sedarah dpt menyebabkan lahirnya penyakit tertentu. Bisa sja anaknya mempunyai gangguan jiwa atau penyakit sejenisnya. Tapi yg aku tau sih nggak dilarang sma agama dan hukum klo sepupu.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih... Atas koment yang kamu berikan. Ini membantu sekali untuk memotivasi kami untuk lebih baik lagi.

Salam Cinta Tari & Very

Popular posts from this blog

Kata Romantis Via SmS